KLU-Dinas Dukcapil KLU, Kamis (11/7), menandatangani MoU KKN Tematik Adminduk dengan Universitas Mataram. Acara di Aula Kantor Bupati KLU yang berkaitan dengan Lokakarya Perumusan Daftar kewenangan Desa di KLU itu dihadiri sejumlah kepala desa yang akan menerima penempatan para mahasiswa KKN.

MoU Dukcapil-Unram yang difasilitasi Kompak itu sendiri bertujuan menjadikan desa-desa yang menjadi lokasi penempatan KKN tuntas adminduk.

Sekretaris Dinas Dukcapil KLU, Tresnahadi, mengemukakan sebelumnya pihaknya juga melakukan langkah serupa dengan 14 organisasi wanita dalam percepatan cakupan kepemilikan adminduk terkait kebijakan kependudukan tentang Kartu Identitas Anak (KIA)..Hal itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 7 tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring. Pemerintah Daerah KLU melalui Dinas Dukcapil melaksanakan sosialisasi bertajuk Buat Akta Kelahiran Secara Online untuk Masyarakat (Bakso Urat).

Terkait kerjasama dengan Unran menyasar sebanyak 10 desa. di Kecamatan Bayan dan Pemenang Desa yang jadi lokasi KKN diharapkan tuntas adminduk.

‚ÄúTiap warga wajib hukumnya punya dokumen adminduk. Pihak desa diharapkan bisa memasilitasi peserta KKN di kecamatan Bayan dan Pemenang,” katanya seraya menambahkan, identitas seperti akta kelahiran sudah nampak maksimal, namun Kartu Identitas Anak dan akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian masih kurang.