KLU-Forum Anak Desa Bentek, Kecamatan Gangga, KLU, dilaunching, Minggu (19/5). Acara ditengah situasi bulan puasa itu dihadiri para pemangku kepentingan seperti Kadus, tokoh agama, Majelis Keramat Adat, BPD, Camat dan Dinas terkait.

Launching Forum Anak yang berlangsung sederhana itu dilanjutkan dengan Buka Puasa bersama.

Ketua Forum Anak Desa Bentek, Tarmizi, mengaku bangga atas terpilihnya Desa Bentek sebagai dampingan TAF dan LPA NTB dalam mewujudukan partisipasi anak membangun desa terutama untuk memperkokoh persatuan dan keberagaman serta menolak kekerasan.

LPA NTB yang diwakili Khaerus Febrian Pitrahadi pada kesempatan itu memaparkan Bentek sebagai desa yang paling plural. Dari 18 dusun, sebanyak 10 dusun mayoritas penduduknya muslim, 6 dusun mayoritas beragama Budha dan 2 dusun mayoritas beragama Hindu.

Diharapkan Forum Anak Desa Bentek akan terus eksis  meskipun program pendampingan hanya sampai Mei 2020. “Kedepan kami akan melakukan Parenting untuk keluarga,” katanya.

Menurut Mas Mustafa dari TAF, saat ini nilai-nilai sosial masyarakat yang menjaga konflik serta nilai-nilai yang menyatukan keberagaman,  semakin hilang.

 “Penting bagi orang dewasa memahami apa yang diharapkan oleh anak. Kebijakan yang dibuatkan oleh orang dewasa belum tentu cocok oleh anak-anak,” paparnya. “Begitu juga cara menyampaikan hal-hal positif kepada mereka”.

Ia mengatakan Forum Anak adalah wadah aspiratif cara anak belajar hal hal dengan pola bermain. Forum ini menjadi forum saling menjaga, melengkapi, unutk keberagaman dan persatuan.

Sementara itu Camat Gangga, Ahmad Suhadi,  mendorong pemerintah desa (Pemdes) Bentek untuk membantu Forum Anak Desa Bentek serta endorong pemerintah desa untuk memastikan APBDes membantu kegiatan Forum Anak tersebut. “Saya hadir di sini karena satu – satunya forum anak terbentuk di kecamatan Gangga KLU,” ujarnya.

Menurut Suhadi, tidak satu pun orang tua yang menginginkan anaknya gagal dalam pendidikan. Para orangtua sellu berharap anak anak rajin belajar, karena banyak perguruan tinggi yang akan membiayai kuliah secara gratis.

Terkait penganggaran Forum Anak, Ketua BPD, Wardi, mengusulkan anggaran kegiatan FA Desa Bentek dianggarkan dalam APBDES perubahan. Namun FA harus membuat proposal kegiatan.