KLU-Musrenbang Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, KLU, yang khusus menghadirkan kalangan perempuan, Senin (26/8), di kantor desa setempat, menelorkan tiga usulan penting terkait persoalan adminduk warga. Usulan itu masing-masing pembuatan buku nikah, fasilitasi pelayanan keliling adminduk oleh pihak desa serta pembiayaan pengurusan adminduk untuk kelompok rentan seperti lansia, Pekka dan disabilitas.

Usulan tersebut dilakukan berdasarkan perankingan sejumlah masukan sebelumnya oleh sekira 20 perempuan yang hadir dalam Muesrenbangdes Perempuan yang dibuka Sekdes Sambik Elen, M.Harlan. Hadir  pula pada Musrenbangdes Perempuan yang difasilitasi LPA Kompak itu Ketua BPD Sambik Elen Mustiadi serta sejumlah ibu pengurus PKK desa setempat.

Tiga usulan tersebut dirasa paling mendesak. Terdapat usulan lain seperti sosialisasi bagi perempuan agar menjaga organ intim agar terhindar dari penyakit, BPJS perempuan lansia, penanganan stunting, serta persoalan terkait dengan pernikahan dini.

Walau RKPDes sudah berlangsung beberapa waktu lalu, para perempuan dengan dukungan Kelompok 11, Ketua BPD dan Pokja Adminduk, akan mengawalnya sampai usulan itu masuk dalam RPJMDes dan dianggarkan dalam APBDes.

Ketua BPD Sambik Elen, Mustiadi, menegaskan pihaknya akan mengawal tiga point penting usulan para perempuan penggerak pembangunan di desa itu. Terlebih kegiatan tersebut berasal dari kalangan perempuan yang dilakukan secara khusus yang baru pertama kali terjadi di NTB.

“Masih ada peluang dalam memberikan edukasi. Jadi, kebutuhan untuk 2020 diutarakan saja,” kata Mustiadi yang mengaku siap mebgawal usulan tadi.

Sekdes Sambik Elen, M.Harlan, yang mewakili Kades setempat mengakui masih terbuka peluang usulan tersebut masuk dalam RPJMDes. Kata dia, banyak tahapan yang harus dilalui sebelum pengesahan dalam APBDes.

Ia mengakui kegiatan yang dilakukan kelompok perempuan dalam melakukan perubahan tersebut sangat membantu desa dalam merancang kegiatan. “Silahkan usulkan sepenuh-penuhnya dan kawal. Jangan sampai mengusulkan tapi tidak dikawal,” tegasnya.