SELONG- Di atas seribu warga Desa Aikmel Utara, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, akhirnya memiliki dokumen identitas hukum dalam waktu singkat menyusul pola pendekatan pelayanan berbasis desa yang dilakukan LPA Kompak di desa tersebut.

Ketua PPKD Desa Aikmel Utara, Marzoan, Selasa (10/11), menuturkan di atas seribu warga berhasil memeroleh dokumen adminduk. “Sebagian besar yang terlayani adalah KIA ketika berlangsung KKN Tematik di desa kami,” kata Marzoan. Selebihnya adalah KK dan akta kelahiran.

Menurut Marzoan, pola pendekatan berbasis desa ini merupakan harapan baru terselesaikannya dokumen warga. Dengan cara ini, kata dia, penyelesaian dokumen adminduk warga bisa dipercepat. Selain itu, masalah calo juga bisa diberantas.

Menurut Marzoan, sementara ini Desa Aikmel sudah berhasil menyelesaikan 90-an persen adminduk masyarakat setempat. Sisanya berkenaan dengan dokumen yang diakibatkan oleh persoalan teknis seperti NIK ganda. Cara penyelesaiannya, kata dia, ada di tingkat Dukcapil. “Jumlahnya mencapai 60 an kasus NIK ganda,” cetusnya.

Karena itulah, dokumen warga yang berkenaan dengan kasus ini dikembalikan setelah diajukan. Ia yakin masalah tersebut akan terselesaikan.

Sementara itu, Ketua Pokja Adminduk Desa Aikmel Utara, Erlina, mengakui masih adanya kasus NIK ganda di Aikmel Utara. Jika masalah ini tuntas, ia mengatakan sebagian  besar persoalan adminduk akan selesai.

Berkaitan dengan pelayanan terhadap warga rentan seperti jompo, disabilitas, dan lain-lain yang pemukimannya jauh, bekerjasama dengan pihak dusun Pokja Adminduk terus melakukan pendataan. Sebab di masing-masing dusun pun Pokja memiliki dua orag kader yang senantiasa bekerja secara sukarela.

Kata Erlina, dengan pelayanan berbasis desa harapan terpenuhinya identitas hukum warga semakin terbuka. Setiap hari selalu ada warga yang terdata dan mengajukan permohonan.

Terkait akta kelahiran mereka yang melahirkan di dukun, Erlina menegaskan tidak ada lagi warga yang melahirkan di dukun. Jika pun ada, petugas kesehatan akan datang membantunya sekaligus menguruskan aktya kelahirannya.