MATARAM,LPA-Sebanyak 20 anak di NTB yang pernah menerima pelayanan dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) NTB menerima bantuan rehabiitasi sosial dari Kementerian Sosial RI. Penyerahan bantuan berlangsung di LPA NTB, Selasa (9/6).

Hadir pada acara itu Ketua LPA NTB,H.Sahan SH, Kasi Resos Anak dan Lansia, Eni Haerani mewakili Kadis Sosial, anak yang pernah menerima pelayanan beserta orangtuanya dan para pengurus LPA NTB.

Ketua LPA NTB,H.Sahan SH dalam sambutannya mengemukakan rehabilitasi sosial anak tahun 2020 melalui LPA NTB merupakan kerjasama bersama Balai Paramitha Mataram dan Disos NTB.

Kata Sahan SH, anak-anak yang hadir disesuaikan dengan kondisi mengingat situasi Covid 19 yang memerlukan kewaspadaan berkaitan dengan protokol kesehatan. Karena itu, anak-anak yang berada di luar Kota Mataram menerima bantuan secara lansung.

Dalam suasana pandemi Covid 19, kata dia, LPA mendapat alokasi pembinaan untuk 20 anak. Tahun sebelumnya diberikan kepada 30 anak. Bantuan rehabiitasi sosial tersebut diberikan kepada anak yang memiliki beragam kasus sepeti kekerasan fisik, pelecehan seksual dan anak berkebutuhan khusus. Bantuan selain berupa makanan dn minuman kesukaan anak juga dalam bentuk tabungan.

“(Anak) yang sudah diberikan pelayanan berasal dari beragam kasus. Yang dihadirkan secara simbolis hanya 7 orang dari 20 anak se NTB,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Sahan meminta orangtua melakukan pengawasan untuk menjaga kesehatan anak. “Karena covid tidak pilih pilih umur. Dalam memutus mata rantai, diam di rumah, cuci tangan dan jaga jarak,” katanya.hm